AKTUAL, TAJAM, JANGAN DIPERCAYA

Spiral Kecemasan di Media Sosial

Dua koran nasional besar dan berpengaruh membuat ‘tulisan pojok’ yang kontroversial. Satu tentang ‘Hujan dan Banjir Jakarta’ satu lagi tentang ‘Kedatangan Raja Arab’.

Inilah salah satu bentuk spiral kecemasan eksplosif. Dimana jajaran redaktur koran kena sindrom kecemasan karena terpaan informasi melalui Grup WA sebagai efek dari Echo Chamber (ruang gema). Kecemasan tersebut kemudian meledak (eksplosif) sebagai tulisan pojok yang tidak terkontrol. Ini bahaya….

Kita akan memasuki era baru, dimana media massa mainstream di bawah ‘kendali tidak sadar’ dari kekuatan media sosial. Bayangkan, jika media massa resmi dan berpengaruh ini ‘menyuarakan’ pendapat liar di media sosial. Gejala ini menarik diteliti mendalam.

Dugaan saya, kekeliruan itu terjadi karena redaktur yang mengelolanya kena sindrom echo chamber dan spiral kecemasan…

Gak percaya, teliti aja…😀

ISWANDI SYAHPUTRA

Aku menulis maka aku ada. Aku ada maka aku jalan-jalan. Kusebut nama-MU, maka teringat nama-NYA. Kupungut kata, kukutip kalimat, kujahit jadi paragraf hingga tersusun tulisan untuk dibaca. Apa yang sudah kutulis menjadi teks yang otonom. Dan pembaca adalah penikmat independen yang bebas memberi makna dari teks yang kutulis. Selamat membaca..

Related Articles

Back to top button